top of page
Search
  • Writer's pictureSahabat Kreasi Indonesia

Dekorasi Halal BiHalal by Decoration.id





*All photos by decoration.id


Salah satu tradisi yang selalu ada pada saat Idul Fitri adalah Halal Bihalal. Biasanya Halalbihalal dilakukan dengan pergi bersilaturahmi ke rumah tetangga, saudara, maupun kerabat.  Pada acara Halal Bihalal, lumrahnya orang akan saling memaafkan dan bersalam-salaman. Halal bihalal juga berkembang menjadi ajang yang disebut "open house".


Arti Halal Bihalal, Halalbihalal sendiri sebenarnya berasal dari kata serapan 'halal' dengan sisipan 'bi' yang berarti 'dengan' (bahasa Arab) di antara 'halal'. Dalam KBBI, Halal Bihalal berarti kegiatan maaf-memaafkan setelah menunaikan ibadah puasa atau ramadan, biasanya diadakan di sebuah tempat (auditorium, aula, dan sebagainya) oleh sekelompok orang. Halalbihalal juga diartikan sebagai bentuk silaturahmi.


Membahas halal bi halal belum lengkap rasanya kalau tidak mengulik salah satu hal yang penting yakni dekorasi halal bi halal tersebut. Pada dekorasi Anda bisa menambahkan hal-hal di bawah ini.


Garland/Gantungan


Anda bisa menggantung banner atau garland tulisan “Selamat Idul Fitri” atau ucapan bertema serupa di kantor. Banner gantung ini merupkan salah satu dekorasi yang sangat umum digantung di toko, tempat makan, pusat perbelanjaan, atau mungkin di salah satu sudut rumah jelang Lebaran. Harga banner atau garland idul fitri relatif murah mulai Rp15 ribu saja dan sangat mudah ditemukan.


Ketupat


Lebaran atau Idul Fitri identik dengan yang namanya ketupat. Namun, jika menggunakan daun selongsong ketupat yang asli untuk dekorasi tentu tidak bertahan lama warnanya.

Untuk mengakalinya Anda bisa menganyam pita membentuk ketupat.


Poster


Masih kurang ramai? sebagai tambahan Anda bisa memajang poster atau lukisan dengan tema Ramadan atau Idul Fitri untuk menambah semarak hari raya kemenangan di kantor/acara Anda! Misalnya poster tulisan kaligrafi, poster dengan gambar Ka’bah, atau quotes Islami.


Lentera Fanoos


Sering lihat hiasan lentera kecil nan cantik? Nama hiasan yang satu itu adalah lentera fanoos. Hiasan yang satu ini berasal dari Mesir. Kabarnya, orang Mesir memegang lentera ini untuk merayakan kedatangan Khalifah Al-Muizz Lideenillah sepanjang bulan Ramadan. Anda bisa menjadikan lentera yang satu ini sebagai hiasan gantung atau dekorasi meja. Bisa juga dijadikan tambahan penerangan dalam ruangan untuk memberikan sentuhan unik.


Bunga


Bunga hias akan mempercantik tampilan dan suasana ruangan atau acara di kantor sehingga terkesan lebih berwarna.

Anda dapat menaruh bunga hias dari plastik jika ingin lebih tahan lama dan tidak layu. Masih satu keluarga, Anda juga bisa menggunakan tanaman hias berwarna hijau supaya ruangan acara terasa lebih segar.


Toples


Siapa bilang toples makanan tidak bisa jadi hiasan? Bisa! Selain bisa jadi tempat untuk kamu menaruh kue-kue dan camilan Lebaran lainnya, toples juga bisa jadi salah satu dekorasi yang mempercantik meja di ruang. Tidak perlu beli baru, kamu bisa hias stoples yang sudah ada menggunakan pita atau benang warna-warni yang dililitkan di permukaan kaca atau plastiknya.


Karpet


Anda bisa memasang karpet di ruang acara untuk jadi alas duduk yang hangat dan nyaman. Supaya satu tema sama lebaran, kalian bisa mengeluarkan karpet Turki yang punya motif timur tengah yang khas. Bahannya yang lebih tebal dari karpet biasa pun juga lebih nyaman untuk orang yang duduk di lantai.


lilin aroma terapi


Daritadi, dekorasi-dekorasinya yang sifatnya lebih mempercantik rumah secara visual, ya. tidak cuma tampilan saja, aroma juga bisa jadi dekorasi rumah waktu lebaran yang bikin suasana Idulfitri jadi lebih terasa. Kamu bisa memasang lilin aromaterapi yang mengeluarkan aroma khas lebaran. Kalian bisa menggunakan lilin aromaterapi yang memiliki aroma oud atau kayu gaharu. Aromanya yang tajam dan identik dengan timur tengah ini jadi salah satu aroma khas Ramadan dan Idulfitri yang biasanya tercium di masjid atau rumah

8 views0 comments

Recent Posts

See All

Comentários


bottom of page